.quickedit{display:none}

Cara merakit komputer

Jumat, 31 Juli 2009

Cara merakit komputer. Dalam artikel ini akan dibahas cara merakit komputer sendiri. Merakit komputer sudah menjadi pilihan banyak orang, dengan merakit komputer, kita bisa memilih komponen komputer yang berkualitas, dan menentukan kemampuan serta fasilitas dari komputer yang super lengkap dan di inginkan tentunya juga sesuai dengan budget (dana) yang kita miliki.




Hal yang pertama harus dilakukan dalam merakit komputer adalah mempersiapkan peralatan dan bahan komponen komputer yang akan dirakit. Jangan lupa menyiapkan dan membaca ringkas buku manual dan referensi dari komponen tersebut. Buku manual diperlukan sebagai referensi untuk mengetahui posisi koneksi seperti konektor, port, slot, jumper, dan switch, serta cara memasang jumper dan switch tersebut. Peralatan yang harus disiapkan adalah obeng pipih (-) dan obeng (+).

Kedua penyiapan motherboard. periksa buku manual untuk mengetahui posisi jumper-jumper yang ada di motherboard. Jumper tersebut berguna untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Pasang jumper sesuai petunjuk dan hati-hati jangan salah pasang. Kesalahan memasang dapat menyebabkan kerusakan pada processor, motherboard, dan komponen lainnya.Dan hati-hati jangan sampai ada kawat, rambut, benda lain yang menempel pada motherboard, dapat menyebabkan arus hubung pendek atau ledakkan pada moherboard, dan kerusakan komponen lainnya. Jangan takut, hanya harus hati-hati saja dan teliti.

Ketiga memasang processor. Sebelum motherboard dipasang ke dalam casing, ada baiknya processor dipasang lebih dulu ke socket motherboard. Buka pengunci socket yang berbentuk tuas ke atas. Lalu perhatikan posisi pin 1, lihat pada processor, dan socket di motherboard, umumnya terletak pada lekukan segitiga, dan ada tanda titik. Pasang processor ke dalam socket, jika susah dimasukan jangan dipaksa dengan tenaga yang berlebih, dapat menyebabkan kerusakan processor. Jika posisi processor dan socket pas, sangat mudah memasangnya, tidak harus menggunakan tenaga berlebih. Dan kunci kembali socket processor ke bawah. Selanjutnya pasang heatsink processor diatas processor yang sudah terpasang dimotherboard, pengunci heatsink tersebut dipasang ke socket tadi, socket processor di motherboard. Umumnya heatsink tersebut disertai kipas fan, pasang konektor fan ke konektor motherboard, jangan salah pasang, lihat gambar diagram di buku manual.

Keempat memasang memori DDRAM atau SDRAM ke slot motherboard. Tarik kedua kait pengunci sampai pada ujung slot, sesuaikan posisi lekukan pada memori dengan tonjolan pada slot. Dan masukkan memori dari salah satu sisi ke slot dengan posisi miring, dan dorong sisi memori lainnya hingga terpasang pas, tegak, dan kait pengunci akan mengunci memori secara otomatis. Kait pengunci akan mengunci memori secara otomatis, jika memori sudah tepat terpasang pada slot.

Kelima memasang powersuply ke dalam casing. Umumnya, kebanyakan jenis casing sudah dilengkapi power supply. Jika casing anda belum dilengkapi power supply. Langkah selanjutnya adalah memasang powersuply ke dalam casing. Pasang powersuply di bagian belakang casing, tempat powersuply. Dan pasang ke empat sekerup pengunci.

Keenam memasang motherboard ke dalam casing. Lihat posisi lubang pada motherboard dan dudukan lubang pada casing, serta lubang casing untuk bingkai port I/O motherboard. Pasang dan tempatkan lubang motherboard tepat pada dudukan lubang casing dan pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard, serta bingkai port I/O motherboard pada lubang casing. Dan pasang sekerup pengunci pada setiap lubang motherboard dan bingkai port I/O. Setelah itu, hubungkan kabel switch ON casing, LED, speaker internal dan lainnya bila ada, ke konektor masing-masing di motherboard, jangan salah pasang, untuk lebih jelasnya lihat buku manual motherboard. Dan hubungkan kabel power dari power supply ke konektor power di motherboard. Konektor power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan terbalik. Untuk jenis non ATX dengan dua konektor yang terpisah maka kabel-kabel ground warna hitam harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagian tengah dari konektor power motherboard. Hubungkan kabel daya untuk fan, jika memakai fan untuk pendingin CPU. Serta pasang kabel data IDE primary (untuk harddisk) ke konektor IDE primary di motherboard, pasang kabel data IDE secondary (untuk CDROM atau DVDROM) ke konektor IDE secondary di motherboard, pasang kabel data floppy disk drive (FDD) ke konektor FDD di motherboard.

Ketujuh memasang drive hardisk, floppy, CD ROM, CD-RW, DVD, dan DVD-RW ke dalam casing. Pasang hardisk ke rel tempat harddisk dalam casing dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper sebagai master pada drive harddisk, dan pasang sekrup pengunci harddisk, serta pasang kabel data IDE primary ke konektor harddisk. Untuk memasang CDROM atau DVDROM pada casing, terlebih dahulu lepas cover depan bay casing, jangan lupa mengatur seting jumper sebagai slave pada CDROM / DVDROM, lalu masukan CDROM / DVDROM dari depan bay casing yang sudah dibuka, dan pasang sekrup pengunci, serta pasang kabel data IDE secondary ke CDROM / DVDROM. Dan untuk memasang drive floppy pada casing, terlebih dahulu lepas cover depan bay casing, drive tidak ada jumper yang harus disetting, lalu masukan floppy dari depan bay casing yang sudah dibuka, dan pasang sekrup pengunci, serta pasang kabel data FDD ke drive floppy.

Kedelapan memasang card adapter, yaitu video card (piranti untuk menghubungkan ke monitor), sound card (piranti untuk menghubungkan ke monitor), network card (piranti untuk menghubungkan ke jaringan komputer), modem card (piranti untuk menghubungkan ke internet) dan SCSI adapter ke motehrboard. Pasang card adapter ke slot motherboard, dengan cara memegang card adapter pada tepi (hindari menyentuh komponen card adapter), dan tekan card hingga konektor tepat masuk pada slot ekspansi di motherboard, serta pasang sekerup penahan card ke casing, dan jika ada hubungkan kembali kabel internal pada card.

Pengujian
Setelah semuanya telah selesai dipasang dengan baik dan benar, selanjutnya pasang penutup casing. Dan pasang konektor kabel monitor ke port video yang ada di casing, pasang juga mouse, keyboard, speaker, dan piranti eksternal lainnya. Dan hubungkan kabel catudaya ke stop kontak, dan tekan tombol power monitor dan CPU. Perhatikan tampilan monitor dan suara speaker. Jika tidak terjadi kesalahan, monitor akan menampilkan proses eksekusi dari program post. Ketika dalam pengujian, hati-hati terkena sengatan listrik, jangan memegang body casing.

Blog ini merupakan media pembelajaran bagi saya untuk belajar mendalami tentang komputer, dan mengelola blog. Mohon maaf bnget's jika isi blog ini ada yang salah, masih kurang jelas, kurang menarik, dan masih mengambil dari artikel yang sudah ada. Selanjutnya akan dilakukan posting perbaikan dan penambahan dalam artikel ini. Thx bro.. sudah berkunjung ke blog ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan penting untuk membaca artikel menarik lainnya di bawah ini.

Sumber :
Daryanto, drs, Pengetahuan Dasar Ilmu Komputer, Penerbit Yrama Widya
http://


0 comments

Posting Komentar