.quickedit{display:none}

Teori Komputer

Rabu, 29 Juli 2009

Teori Komputer. Komputer memang mengagumkan, komputer menjadi sistem kontrol dan pengendali sebuah pesawat terbang. Melakukan instruksi pilot, menampilkan data keadaan setiap bagian pesawat dan mengkoordinasikan seluruh peralatan pesawat sehingga berfungsi dan membuat pesawat dapat melayang-layang di udara, serta dapat juga menggantikan tugas pilot menjadi automatic pilot. Dan komputer juga dapat membuat sebuah mesin produksi menjadi otomatis dan super cepat, sehingga menghasilkan produk yang akurat dan berkualitas dalam jumlah yang sangat banyak.


Dan banyak bidang lainnya yang telah menggunakan komputer untuk beralih ke sistem otomatis, meningkatkan produktifitas, mengurangi kegagalan produk. Karena itulah kita harus mengetahui dan menguasai komputer. Marilah kita sama-sama belajar, berbagi ilmu, dan meningkatkan pengetahuan tentang komputer. Sebelum membahas komputer sebagai pengendali mesin produksi atau sebagai pengendali pesawat terbang, alangkah baiknya mempelajari dahulu teori komputer.

Sebenarnya komputer itu apa? Komputer berasal dari kata "to compute" yang berarti alat penghitung. Pada zaman dahulu, komputer dibuat dan dirancang hanya untuk digunakan sebagai alat hitung. Dan sekarang, fungsi komputer meluas, sudah digunakan dalam berbagai bidang. Karena itu para pakar dan peneliti berbeda dalam mendefinisikan komputer. Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu: menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, dan menyediakan output dalam bentuk informasi. Dan Fuori, berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Dan bagaimana cara kerja komputer? Pertama, komputer menerima instruksi atau perintah atau data dari pengguna komputer (user) melalui input device (contoh: keyboard, mouse). Kemudian instruksi / perintah / data tersebut akan diolah oleh CPU (Central Processing Unit). Setelah itu komputer akan menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan komputer melalui output device (contoh: monitor, printer).
Lalu bagaimana supaya komputer bisa berfungsi? Supaya komputer bisa berfungsi sebagai pengolah data dan menghasilkan informasi maka diperlukan sistem komputer (computer system). Sistem komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari hardware, software, dan brainware.
Blog ini merupakan media pembelajaran bagi saya untuk belajar mendalami tentang komputer, dan mengelola blog. Mohon maaf bnget's jika isi blog ini ada yang salah, masih kurang jelas, kurang menarik, dan masih mengambil dari artikel yang sudah ada. Selanjutnya akan dilakukan posting perbaikan dan penambahan dalam artikel ini. Thx bro.. sudah berkunjung ke blog ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan penting untuk membaca artikel menarik lainnya di bawah ini.

Sumber :
Daryanto, drs, Pengetahuan Dasar Ilmu Komputer, Penerbit Yrama Widya
http://ilmukomputer.com

0 comments

Posting Komentar