.quickedit{display:none}

Tutorial Ilmu Komputer

Rabu, 29 Juli 2009

Tutorial Ilmu komputer by azayzuhud. Ilmu komputer merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang penting, menarik untuk dipelajari dan banyak manfaatnya. Kenapa kita harus mengetahui dan belajar ilmu komputer? Ilmu komputer adalah suatu disiplin ilmu yang melingkupi cabang ilmu yang cukup luas, baik dari segi teori-teori dasar maupun teknologi aplikasi. Dari segi teknologi aplikasi, ilmu komputer sudah dimanfaatkan dalam berbagai bidang, contohnya : sistem pengendali mesin (menjadikan mesin tersebut menjadi otomatis, mudah, cepat, dan lebih produktif),


sistem informasi manajemen (memberikan berbagai informasi yang akurat dan dibutuhkan dalam pengambilan keputusan oleh pimpinan eksekutif suatu organisasi atau perusahaan, sehingga keputusan tersebut tepat, tidak menyesatkan, dan membuat suatu organisasi atau perusahaan tersebut lebih berkembang dan maju). Dan sedang dikembangkan dan dilakukan penelitian atau sudah ada yang menerapkan dalam bidang lainnya, contohnya : kecerdasan buatan atau artificial intelegensi (AI) (robot yang menyerupai, bergerak, dan melakukan tugas seperti manusia, sehingga dapat menggantikan manusia melakukan pekerjaan di tempat berbahaya). Jurusan ilmu komputer di perguruan tinggi Indonesia dapat dipelajari dan diperdalam dengan mengambil jurusan : teknik informatika, sistem informatika, manajemen informatika, teknik komputer, dan sistem komputer.

Bila kita membaca kata ilmu komputer maka otomatis langsung ada yang mempunyai pemahaman, bahwa itu merupakan ilmu yang mempelajari tentang komputer. Bila anda mempunyai pemahaman seperti itu, maka itu merupakan suatu pemahaman yang salah, menurut CSAB [3] (Computing Sciences Accreditation Board, http://www.csab.org) membuat definisi menarik tentang Ilmu Komputer, Ilmu komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan pendesainan komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan : teori-teori untuk memahami komputer device, program, dan sistem, dan eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep, dan juga metodologi desain, algoritma, dan tool untuk merealisasikannya, serta metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta.

Sejak komputer analog diciptakan oleh Vannevar Bush pada tahun 1920, kemudian Howard Aiken dan Konrad Zuse tahun 1930 mengembangkannya dan menciptakan sebuah komputer elektronik yang pertama. Dan tahun 1945 terciptalah Von Neuman Machine, yaitu sebuah arsitektur komputer mempunyai program disimpan dalam memori. Kemudian tahun 1960 dibangun jurusan ilmu komputer di universitas-universitas dengan sebutan-sebutan : Computer Science (ilmu komputer), Computer Engineering (teknik komputer), Computing (Komputing), dan Informatics (informatika).

Blog ini merupakan media pembelajaran bagi saya untuk belajar mendalami tentang komputer, dan mengelola blog. Mohon maaf bnget's jika isi blog ini ada yang salah, masih kurang jelas, kurang menarik, dan masih mengambil dari artikel yang sudah ada. Selanjutnya akan dilakukan posting perbaikan dan penambahan dalam artikel ini. Thx bro.. sudah berkunjung ke blog ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan penting untuk membaca artikel menarik lainnya di bawah ini.

Sumber :
http://ilmukomputer.com




0 comments

Posting Komentar