.quickedit{display:none}

Belajar handphone

Minggu, 16 Agustus 2009

Belajar handphone. Handphone sudah menjadi kebutuhan dan bukan barang mewah lagi, setiap orang bahkan anak kecil pun sudah memilikinya, terlebih lagi ada yang memilikinya lebih dari satu. Dengan meningkatnya kebutuhan akan komunikasi jarak jauh, handphone merupakan pilihan yang sangat tepat. Handphone saat ini telah berkembang pesat, telah dilengkapi dengan multimedia (contoh: audio dan video player, untuk mendengarkan musik dan melihat video, games, dll) dan dapat browsing di internet untuk mendapatkan informasi yang penting dan aktual. Dari segi peluang usaha, kebutuhan akan service handphone dan modifikasi menjadi sangat dicari. Peluang tersebut dapat diambil oleh semua orang, namun saat ini pendidikan atau kursus untuk service handphone masih tergolong mahal, akan tetapi mbah mengatakan "banyak jalan menuju roma", yang penting usaha dan doa. Disini akan dibahas tentang handphone dan anda dapat mendownload tulisan lebih lengkapnya, semoga bermanfaat.
Handphone atau mobile atau ponsel atau telepon genggam, berasal dari kata : hand (genggam), tele (jauh), phone (suara), artinya suara dari, ke suatu tempat dengan perangkat yang digenggam. Cara kerja handphone adalah menerima dan mengirim suara. Antena handphone bertugas menangkap suara atau sinyal, sinyal tersebut diproses dan dikirim ke sistem audio (speaker atau handfree) sehingga suara dapat didengar. Dan kebalikannya handphone dapat mengirim suara, masukan suara atau sinyal dari speaker atau handfree kemudian diproses dan sinyal tersebut dipancarkan oleh antena ke jaringan handphone (satelit) diteruskan ke perangkat handphone lainnya.
Konsep dasar teknologi handphone berasal dari pengembangan teknologi radio, telepon (ditemukan oleh Alexander Graham Bell th 1986), dan jaringan tanpa kabel / wireless (ditemukan oleh Nikolai Tesla th 1980 dan diperkenalkan oleh Guglielmo Marconi). Evolusi sistem handphone telah mencapai generasi 4 (4G), dapat akses permanen web, video interaktif, kamera video dan media confrence. Handphone terdiri dari blok rangkaian, yaitu rangkaian utama, tunner (mengelola sinyal dari antena dan pemancar handphone), pengelola suara (memisahkan sinyal suara dan frekuensi menengah), pengelola gambar (menampilkan gambar), syncronisasi (membuat sinyal untuk proses scanning dari pemancar dan dikirimkan ke bagian vertikal dan horisontal), vertikal (mengendalikan gambar ke arah vertikal), horisontal (mengendalikan gambar ke arah horisontal), dan catudaya (memberikan daya listrik). Rangkaian utama handphone yaitu : antena switch, IC Power, Amplifier, LO VCO, Oscilator Crystal, IC Power, LCD, Keyboard, mic/earphone, SIM, card dan connector.
Blog ini merupakan media pembelajaran bagi saya untuk belajar mendalami tentang komputer, dan mengelola blog. Mohon maaf bnget's jika isi blog ini ada yang salah, masih kurang jelas, kurang menarik, dan masih mengambil dari artikel yang sudah ada. Selanjutnya akan dilakukan posting perbaikan dan penambahan dalam artikel ini. Thx bro.. sudah berkunjung ke blog ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan penting untuk membaca artikel menarik lainnya di bawah ini.

Download tulisan lengkap + gambar rangkaian blok handphone, klik disini

Sumber :
Fakulas Teknik UNP Padang, mata kuliah Telekomunikasi Selular
yasdinulhuda.files.wordpress.com/2007/11/ls-02-blok-diagram-hp.doc

0 comments

Posting Komentar