.quickedit{display:none}

Process device

Jumat, 31 Juli 2009

Process device. Process device atau unit pemroses merupakan pusat komputer atau pusat pengolahan data utama komputer, dan sering dikatakan sebagai otak sistem komputer. Process device ini dinamakan CPU (Central Processing Unit). CPU mempunyai tugas sebagai pemroses dan pengolah data atau instruksi dan menghasilkan informasi atau output dari hasil pengolahan tersebut.




CPU mempunyai dua bagian unit fungsi operasional, yaitu :
1. Arithmetical Logical Unit, disebut ALU, unit ini berfungsi sebagai pusat pengolah data.
2. Control Unit, disebut CU, unit ini berfungsi untuk mengontrol dan mengendalikan kerja komputer terhadap suatu proses yang dilakukan.

CPU biasa disebut dengan nama processor (pemroses). Processor berbentuk chip, yang didalamnya terdapat ribuan sampai jutaan IC (Integrated Circuit). Satuan kecepatan processor adalah hertz (Hz) atau clock cycles. Kecepatan processor sekarang ini sudah mencapai GHz (Giga Hertz). 1GHz = 1.000.000.000 Hz. Salah satu processor yang sudah mencapai kecepatan GHz adalah Intel Pentium 4. Intel Pentium 4 mempunyai kecepatan 1,3 GHz dan diatasnya. Dan telah diperkenalkan processor Intel Pentium M-Centrino, yang baru terdapat pada komputer-komputer built up, laptop, notebook. Dan processor terbaru adalah Dual Core (Core Duo), memiliki dua kecepatan GHz seperti memiliki dua processor.

Blog ini merupakan media pembelajaran bagi saya untuk belajar mendalami tentang komputer, dan mengelola blog. Mohon maaf bnget's jika isi blog ini ada yang salah, masih kurang jelas, kurang menarik, dan masih mengambil dari artikel yang sudah ada. Selanjutnya akan dilakukan posting perbaikan dan penambahan dalam artikel ini. Thx bro.. sudah berkunjung ke blog ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan penting untuk membaca artikel menarik lainnya di bawah ini.

Sumber :
Daryanto, drs, Pengetahuan Dasar Ilmu Komputer, Penerbit Yrama Widya
http://

0 comments

Posting Komentar